Mampu Bawa Kesejahteraan, Mahasiswa se-Jateng Dukung Sudaryono Jadi Gubernur

July 3, 2024 - 15:00
1 dari 3 halaman

DETIKMERDEKA.COM - Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Jawa Tengah yang tergabung dalam Mahasiswa dan Pemuda Pembela Rakyat (MASDAR) mendeklarasikan dukungan mereka kepada Sudaryono sebagai calon gubernur Jateng di Pilkada 2024.

Dukungan ini diberikan lantaran Sudaryono, yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, dianggap mampu mengatasi berbagai masalah di Jateng, seperti upah murah, pendidikan, dan kesetaraan gender.

"UMK di Jateng masih memprihatinkan. Kami menilai Pak Sudaryono mampu mengatasi masalah UMK ini," kata Faris Balya, mantan Presiden Mahasiswa UIN Walisongo, di Bento Kopi, Semarang, Selasa, 2 Juli 2024.

Menurut Faris, upah di Jateng masih rendah dibanding provinsi lain di Pulau Jawa.

"UMK di Kota Semarang paling tinggi, Rp3.243.969, sedangkan yang terendah di Kabupaten Banjarnegara, Rp2.038.005. Jumlah ini kurang mencukupi untuk kebutuhan hidup masyarakat Jateng," jelas Faris.

Ayu Wanovika, mahasiswa Universitas Semarang (USM), menyoroti masalah pendidikan di Jateng yang masih harus dibenahi, terutama soal Uang Kuliah Tunggal (UKT).

"Masalah pendidikan sangat kompleks, mulai dari fasilitas hingga biaya. Ini harus menjadi perhatian serius jika Jateng ingin mengejar ketertinggalan," kata Ayu.

© 2024 Detik Merdeka | All rights reserved.